Resep Bolu Kukus Karamel Gula Merah

Resep Bolu Kukus Gula Merah Tintin Rayner Yang Lembut, Wangi dan Anti Gagal
Resep Bolu Kukus Gula Merah Tintin Rayner Yang Lembut, Wangi dan Anti Gagal from doyanresep.com

Bolu kukus karamel gula merah adalah salah satu jenis kue yang terkenal di Indonesia. Ini adalah kue klasik yang dimasak dengan gula merah, dan ditambahkan dengan karamel yang menyebabkan teksturnya yang lembut dan manis. Kue ini biasanya disajikan dengan topping seperti whipped cream atau topping coklat. Resep bolu kukus karamel gula merah ini sangat mudah untuk dipersiapkan dan dihidangkan. Selain itu, kue ini akan menjadi pilihan yang sempurna untuk hari-hari spesial seperti hari ulang tahun, hari raya, atau hari-hari lainnya. Mari kita mulai membuat kue ini dengan cara berikut.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Untuk membuat bolu kukus karamel gula merah, Anda akan membutuhkan bahan-bahan berikut:

  • 150 gram tepung terigu
  • 2 sendok teh baking powder
  • 50 gram gula pasir
  • 50 gram gula merah
  • 1/2 sendok teh garam
  • 100 gram mentega
  • 2 butir telur
  • 125 ml susu cair
  • 50 gram karamel
  • Topping coklat

Langkah-langkah Membuat Bolu Kukus Karamel Gula Merah

Langkah 1: Siapkan Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Pertama-tama, Anda harus menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bolu kukus karamel gula merah. Jika Anda tidak memiliki karamel, Anda dapat menggunakan gula dengan konsistensi yang lebih kental sebagai gantinya. Jika Anda menggunakan gula dengan konsistensi yang lebih kental, Anda dapat menambahkan sedikit air untuk membuatnya lebih lembut.

Langkah 2: Kocok Mentega dan Gula Merah

Kemudian, Anda harus mengocok mentega dan gula merah hingga menyatu. Jika Anda menggunakan mixer, Anda dapat menggunakan kecepatan rendah saja. Jika Anda tidak memiliki mixer, Anda dapat menggunakan sendok untuk mengocok bahan-bahan tersebut hingga menyatu. Setelah itu, Anda dapat menambahkan telur dan kocok hingga merata.

Langkah 3: Masukkan Tepung Terigu dan Baking Powder

Langkah berikutnya, Anda harus mencampur tepung terigu dan baking powder. Anda dapat menggunakan saringan untuk memastikan bahwa campuran tepung terigu dan baking powder sudah halus. Setelah itu, Anda dapat menambahkan campuran tepung terigu dan baking powder ke dalam adonan mentega dan gula merah. Aduk hingga rata. Jika Anda menggunakan mixer, Anda dapat menggunakan kecepatan rendah saja.

Langkah 4: Masukkan Susu Cair

Kemudian, Anda harus menambahkan susu cair dan kocok hingga rata. Jika Anda menggunakan mixer, Anda dapat menggunakan kecepatan rendah saja. Setelah itu, Anda dapat menambahkan karamel dan aduk hingga rata. Jika Anda ingin menambahkan topping coklat, Anda dapat memasukkannya saat ini juga.

Langkah 5: Masukkan Adonan Kedalam Loyang

Langkah selanjutnya, Anda harus menyiapkan loyang dengan diameter 20 cm. Anda dapat menggunakan minyak untuk melapisi loyang, atau Anda dapat menggunakan baking paper untuk membuatnya lebih mudah dibersihkan. Setelah itu, Anda dapat menyebarkan adonan ke dalam loyang dan ratakan permukaannya. Jika Anda ingin menambahkan topping coklat, Anda dapat menyebarkannya di atas adonan sebelum memasukkannya kedalam loyang.

Langkah 6: Kukus Adonan

Langkah selanjutnya, Anda harus menyiapkan penggorengan dan mengisi air hingga setengah. Setelah itu, Anda dapat memasukkan loyang dengan adonan kedalam penggorengan. Anda dapat menggunakan api sedang untuk mengukus adonan selama kurang lebih 30 menit. Untuk memastikannya, Anda dapat menggunakan tusuk gigi untuk memastikan apakah adonan sudah matang atau belum.

Langkah 7: Siapkan Topping

Untuk menyempurnakan rasa bolu kukus karamel gula merah, Anda dapat menambahkan topping coklat. Anda dapat menggunakan topping coklat yang sudah disiapkan di pasaran atau membuat sendiri di rumah. Anda hanya perlu mencampurkan gula halus, gula pasir, dan coklat bubuk dengan sedikit air panas hingga menjadi cairan yang kental. Setelah itu, Anda dapat menyebarkannya di atas adonan yang telah dipanggang.

Langkah 8: Hidangkan

Setelah itu, Anda dapat menghidangkan bolu kukus karamel gula merah. Anda dapat menyajikannya dengan topping coklat, whipped cream, atau topping lainnya. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

75+ Cara Menghitung Imt

Flight into Adventure: Check Out the Latest Aviator Schedule for Unforgettable Journeys

150+ Cara Menghitung Biaya Produksi