Resep Gemblong Ketan Putih Gula Merah Enak Dan Sehat

Ketan Wajik Gula Merah Resep Makanan Cake Susu Moo
Ketan Wajik Gula Merah Resep Makanan Cake Susu Moo from cakesusumoo.com

Ketan putih gula merah adalah salah satu jenis makanan tradisional yang banyak disukai orang-orang di Indonesia. Rasa manis dan gurih dari gemblong ketan putih gula merah ini sangat enak dan pastinya nikmat. Selain itu, gemblong ketan putih gula merah ini juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh kita. Nah, bagi kalian yang ingin membuat gemblong ketan putih gula merah sendiri di rumah, berikut ini adalah resepnya.

Bahan-Bahan dan Alat-Alat yang Dibutuhkan

Untuk membuat gemblong ketan putih gula merah, kalian membutuhkan:

  • 500 gram tepung ketan putih
  • 500 gram gula merah
  • 200 ml air panas
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • Bakul
  • Kuali
  • Sendok
  • Pengaduk
  • Cetakan

Langkah-langkah Membuat Gemblong Ketan Putih Gula Merah

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat gemblong ketan putih gula merah yang enak dan sehat:

  1. Cairkan gula merah dengan air panas. Setelah itu, tambahkan garam dan minyak goreng ke dalam gula merah tersebut.
  2. Masukkan tepung ketan putih ke dalam bakul. Tuang gula merah yang telah dicairkan ke dalam tepung ketan putih, dan aduk rata menggunakan sendok.
  3. Panaskan kuali ke dalam api dan masukkan adonan tepung ketan putih yang telah dicampur dengan gula merah. Aduk-aduk hingga adonan menjadi kalis.
  4. Keluarkan adonan dari kuali dan taruh di piring. Aduk-aduk hingga adonan dingin. Setelah itu, bentuk-bentuk adonan menggunakan cetakan yang telah disiapkan.
  5. Goreng gemblong ketan putih gula merah yang telah dibentuk-bentuk tadi di atas minyak goreng yang dipanaskan. Goreng hingga gemblong ketan putih gula merah matang.
  6. Keluarkan gemblong ketan putih gula merah dari minyak goreng dan taruh di piring. Sajikan gemblong ketan putih gula merah bersama teh hangat.

Selesai!

Itulah cara membuat gemblong ketan putih gula merah yang enak dan sehat di rumah. Gemblong ketan putih gula merah ini sangat cocok untuk disajikan bersama teh hangat. Selain itu, gemblong ketan putih gula merah ini juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh kita. Jadi, tunggu apalagi? Ayo, buat gemblong ketan putih gula merah di rumah sekarang juga!

Comments

Popular posts from this blog

75+ Cara Menghitung Imt

Flight into Adventure: Check Out the Latest Aviator Schedule for Unforgettable Journeys

150+ Cara Menghitung Biaya Produksi